Good News from Our Activity

25Jan

Sharing Session Bersama Sekretariat DPRD Kabupaten Keerom

Yogyakarta - Awal tahun 2020 ini Technophoria Indonesia Mendapatkan Kunjungan Sekretariat DPRD Kabupaten Keerom Provinsi Papua. Tujuan kunjungan ke Technophoria ini adalah untuk melakukan konsultasi mengenai permasalahan di Sekretariat DPRD Kabupaten Keerom yang berkaitan dengan data dan informasi. Bapak Ade salah satu perwakilan dari Sekretariat DPRD Kabupaten Keerom menyampaikan bahwa saat ini di kantor tempatnya bekerja mempunyai sebuah permasalahan yang berhubungan dengan perjalanan dinas. Permasalahan yang dihadapi mulai dari pembuatan usulan surat tugas perjalanan dinas, pembuatan rekapan, pengelolaan arsip dokumen hingga pembuatan dokumen pertanggungjawaban pelaksanaan perjalanan dinas. Mengingat pentingnya penataan perjalanan dinas sesuai ketentuan yang berlaku dan pengelolaan arsip dokumen pertanggungjawaban pelaksanaan perjalanan dinas pada setiap OPD, maka penerapan administrasi perjalanan dinas secara elekronik adalah solusi yang tepat untuk permasalahan diatas.



28Des

Seminar Penyusunan Rencana Induk Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik Kabupaten Kapuas Hulu

Peranan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) kini dirasakan semakin besar dalam menunjung tujuan pemerintah dalam pelaksanaan Sistem Pemerintaha Berbasis Elektronik (SPBE). Untuk mewujudkan tatakelola pemerintahan yang bersih, efektif, transparan dan akuntabel serta pelayanan publik yang berkualitas tinggi dan terpercaya diperlukan sistem pemerintahan berbasis elektronik  (SPBE) serta untuk meningkatkan keterpaduan dan efisiensi sistem pemerintah berbasis elektronik  diperlukan tata kelola dan manajeman sistem pemerintahan berbasis elektronik.





12Des

Focus Group Discussion Rancangan Blueprint Smart City Kota Bima

Bima - Konsep Kota cerdas atau yang biasa disebut dengan Smart City adalah sebuah konsep pengembangan kota yang mengintegrasikan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) dan internet of Things (IoT) untuk mengelola aset sebuah kota. Aset dari sebuah kota meliputi, sistem transportasi , sekolah, sarana kesehatan, sarana pendidikan,  sistem air bersih, sistem informasi pemerintahan, pengelolaan limbah, penegakan hukum, peringatan dini akan bencana dan pelayanan masyarakat lainnya. Smart City  ditujukan dalam hal penggunaan informatika dan teknologi perkotaan untuk meningkatkan efisiensi pelayanan kepada masyarakat. Hal ini membuat para pejabat atau pimpinan kota dapat berinteraksi langsung dengan masyarakat dan infrastruktur kota serta memantau keadaan dan perkembangan kota untuk menciptakan kualitas hidup yang lebih baik.





25Mei

Technophoria Menerima Kunjungan dari DISKOMINFO dan BAPPEDA Kabupaten Tanah Laut

Sleman -  Pada hari kamis, tanggal 16 Mei 2019, Technophoria Indonesia mendapatkan kunjungan istimewa. Kali ini tamu istimewa tersebut adalah Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (BAPPEDA) serta Dinas Komunikasi dan Informatika (DISKOMINFO) Kabupaten Tanah Laut, Provinsi Kalimantan Selatan. Seperti yang telah kita ketahui, selama 5 tahun ini Technophoria Indonesia telah banyak menjalin kerjasama dengan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan pemerintah kabupaten Tanah Laut. Kerjasama ini baik dalam hal pengembangan perangkat lunak (sistem informasi) maupun dalam hal pengembangan kualitas sumber daya manusia (SDM) melalui pelatihan-pelatihan yang dilaksanakan oleh Technophoria Training Center.



24Mei

Sharing Session Bersama Balai Besar Wilayah Sungai Serayu Opak (BBWSO)

Sleman - Technophoria Indonesia dengan divisi IT Consulting nya membuka kesempatan yang sebesar-besarnya jika ada instansi pemerintah, perusahaan BUMN, swasta maupun perguruan tinggi di sekitaran kota Yogyakarta yang menginginkan sharing dan brainstroming dalam bidang IT. Begitu hal nya dengan Balai Besar Wilayah Sungai Serayu Opak (BBSWO) yang merupakan salah satu satuan kerja (satker) di lingkungan Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat yang mengundang Technophoria untuk melakukan sharing session beberapa waktu lalu. Bertempat di salah satu meeting room kantor BBWSO di jalan Raya Janti Sleman, beberapa perwakilan staff dan manajemen BBWSO menyampaikan kendala dalam pekerjaan mereka terutama yang berhubungan ketersediaan data yang valid dan real time. BBWSO mempunyai beberapa aplikasi dan sistem informasi dan beberapa diantaranya berada di kantor yang berbeda wilayah dengan kantor BBWSO di Janti. Namun dari beberapa aplikasi tersebut datanya belum bisa didapatkan secara cepat dan komprehensif dikarenakan perbedaan platform aplikasi dan lokasi server. Technophoria yang mengirimkan 3 orang staff ahlinya memberikan beberapa  alternatif solusi untuk permasalahan yang dihadapi oleh BBWSO tersebut. Alternatif solusi tersebut sedang dipertimbangkan oleh manajemen dan akan segera diambil keputusan untuk diimplementasikan.



26Apr

Lanjutan Pengembangan Sistem Informasi Data Ternak untuk Dinas Peternakan Kabupaten Sumba Timur

Sleman - Pada tahun 2018 lalu Technophoria Indonesia memulai kerjasama dengan Dinas Peternakan Kabupaten Sumba Timur untuk mengembangkan Sistem Informasi Manajemen Data Ternak (SIMDATER). Sistem tersebut bertujuan untuk mendata keberadaan ternak pemerintah yang dimanfaatkan oleh warga masyarakat kabupaten Sumba Timur sebagai penggaduh. Setelah selama satu tahun digunakan dan semakin banyak jumlah pengadaan ternak pada pemerintah kabupaten Sumba Timur maka kebutuhan fitur Sistem Informasi Manajemen  Data Ternak (SIMDATER)  ini semakin kompleks.



13Apr

Kesepakatan Kerjasama Pembangunan Sistem Informasi Tanaman Pangan dan Hortikultura dengan Dinas Pertanian Kabupaten Sorong Selatan

Sleman - Pada bulan April ini merupakan bulan yang penuh kebahagian bagi jajaran manajemen dan staff Technophoria Indonesia. Karena pada bulan ini Technophoria Indonesia banyak mendapatkan kesempatan kerjasama baru dengan beberapa pemerintah daerah. Salah satu pemerintah daerah yang pada bulan April ini menandatangani kerjasama dengan Technophoria adalah dari Dinas Pertanian Kabupaten Sorong Selatan, Provinsi Papua Barat. 



12Apr

Kunjungan Badan Layanan Pengadaan Kabupaten Musi Banyuasin

Sleman - Pada tanggal 11 April 2019, Technophoria Indonesia mendapatkan kunjungan istimewa dari Bagian Layanan Pengadaan, Kabupaten Musi Banyuasin, Provinsi Sumatera Selatan. Kunjungan ini langsung dipimpin oleh kepala Bagian Layanan Pengadaan (BLP) Bapak Eko dan didampingi oleh bapak Sumaryanto. Maksud dan tujuan dari kunjungan tim BLP Kabupaten Musi Banyuasin ini adalah melanjutkan kerjasama pengembangan aplikasi/sistem informasi yang sudah terjalin semenjak tahun 2016 lalu.