Offering Beloved Clients

produk

Sistem Informasi Manajemen Pariwisata (SIMPARTA)

Pariwisata yang dikelola dengan baik merupakan sumber PAD yang besar dan merupakan motor penggerak perekonomian rakyat. Pariwisata tidak akan habis dieksplorasi sampai kapanpun bahkan akan semakin besar dan memberikan keuntungan bagi seluruh masyarakat yang terlibat dalam dunia pariwisata. Pariwisata menimbulkan multiflier effect bagi seluruh aktivitas ekonomi didalam masyarakat. Sebagai contoh : Pariwisata membutuhkan sarana akomodasi, restoran, bar dan fasilitas penunjang lainnya. Satu buah hotel yang didirikan akan menyerap banyak tenaga kerja. Selain itu hotel membutuhkan berbagai supplier untuk memasok kebutuhan hotel. Demikian seterusnya rantai ekonomi yang ditimbulkan dari aktivitas pariwisata sebagai akibat dari multilier effect tersebut. Teknologi Informasi adalah suatu teknologi yang digunakan untuk mengolah data, termasuk memproses, mendapatkan, menyusun, menyimpan,memanipulasi data dalam berbagai cara untuk menghasilkan informasi yang berkualitas, yaitu informasi yang relevan, akurat dan tepat waktu. Pariwisata modern sangat membutuhkan teknologi untuk pemasaran, dokumentasi maupun pendataan yang sangat penting untuk mendukung perkembangan pariwisata.

Technophoria yang merupakan institusi pengembang teknologi informasi dan berbagai pelatihannya secara khusus mengembangan sistem informasi pariwisata yang aplikatif untuk mendukung dan mengembangkan pariwisata daerah. Sistem informasi pariwisata ini akan memberikan nilai manfaat yang optimal bila digunakam bersama dengan website pariwisata yang baik dan multimedia pariwisata. Sistem Informasi Manajemen Pariwisata (SIMPARTA) yang dikembangkan Technophoria adalah menyediakan sarana promosi bagi pengusaha bidang pariwisata seperti hotel, villa, transportasi, restoran, agen perjaanan dll. Masing-masing penggunan iklan bisa mengedit bentuk iklan promosinya sendiri dan memasukkan data usahanya secara "real time". Dengan menggunakan system informasi berbasis internet ini semua stakeholder pariwisata merasa mendapat keuntungan. Bagi pengusaha merupakan media promosi usahanya secara gratis, bagi konsumen bermanfaat sekali dengan tersedianya informasi pariwisata yang lengkap mulai dari tujuan wisata, oleh-oleh, restoran, agen wisata maupun hotel, Sedangkan bagi pemerintah daerah akan mendapatkan data-data yang akurat yang sangat penting sebagai landasan pengambilan kebijakan dalam pengembangan pariwisata daerah di saat-saat berikutnya. Bahkan system informasi ini juga menyajikan data dalam bentuk grafik yang terbentuk secara otomatis. Grafik data pariwisata ini akan sangat membantu memberikan gambaran komparasi secara kuantitatif dari berbagai bidang. Simparta juga dilengkapi dengan peta dalam bentuk WEBGIS atau sistem informasi geografis berbasis website. Webgis disini berguna untuk memetakan lokasi-lokasi pariwisata serta pendukungnya seperti hotel, tempat kuliner, penjual cinderamata sampai lokasi lainnya.

Mengapa Harus Menggunakan SIMPARTA??

  1. Data kepariwisataan terkumpul secara otomatis
  2. Entri data dialkukan oleh pihak hotel, restaurant, agen wisata dan pengusaha wisata lain
  3. Secara otomatis data kepariwisataan tersaji dalam bentuk angka dan grafik.
  4. Dinas Pariwisata tinggal mengolah data yang sudah masuk
  5. Dinas pariwisata mengatur dan mengolah data data yang akan ditampilkan dalam website, laporan tercetak ataupun dokumen data baik dalam bentuk softcopy dan atau hardcopy  

Bagaimana SIMPARTA ini bekerja mengumpulkan data??

  1. Dinas pariwisata membuat website yang sebaiknya juga berisi katalog pariwisataan daerah yang berfungsi sebagai promosi wisata dan infrastruktur kepariwisataan.
  2. Dalam web katalog kepariwisataan tersebut, pelaku usaha diberikan tempat untuk mempromosikan usahanya secara gratis Pengusaha pariwisata bisa mengedit iklan usahanya setiap saat baik harga produk, tampilan maulun event-event yang diselenggarakan
  3. Pengusaha disediakan akun untuk pengelolaan promosi usahanya masing-masing
  4. Pengusaha diwajibkan mengisi formulir yg disediakan secara online secara berkala Data langsung masuk dalam database dan secara otomatis diolah menjadi format laporan beserta gambaran grafiknya.
  5. Dinas Pariwisata mengatur dan mengolah data yang masuk apakah mau dibuat laporan, ditampilkan di website Dinas Pariwisata atau untuk dokumen baik berbentuk softcopy (bentuk file) maupun hardcopy (bentuk cetakan). 

Kegunaan dan Manfaat SIMPARTA??

Bagi Pengusaha Pariwisata

  1. Gratis memasarkan produknya melalui website direktori pariwisata.
  2. Mudah mengedit sendiri setiap saat tampilan produknya
  3. Mendapatkan catatan data kunjungan ke tempat usahanya

Bagi Wisatawan/Konsumen : 

  1. Mendapat informasi lengkap tentang kepariwisataan di daerah yang akan dituju
  2. Calon wisatawan bisa merencanakan kunjungan dengan efektif
  3. Calon wisatawan bisa merencanakan waktu dan biaya yang akan dikeluarkan
  4. Calon wisatawan dengan mudah memilih tempat wisata yang diinginkan
  5. Calon wisatawan mendapat gambaran harga-harga yanga ada di tempat wisata.

Bagi Pemerintah Daerah :

  1. Mendapatan data kunjungan wisatawan dari tempat wisata, hotel, restaurant dll
  2. Data otomatis masuk dalam database Dinas Pariwisata
  3. Dengan data yang akurat bisa diambil kebijakan yang tepat
  4. Pengembangan wisata daerah bisa lebih terarah Pariwisata bisa berkembang dengan baik 

Siapa Pengguna SIMPARTA ?

  1. Kepala dinas, Kabag, Kasubag pada dinas atau kantor pemerintah daerah yang menentukan kebijakan bidang pariwisata
  2. Pengusaha pariwisata (pengelola wisata, hotel, biro perjalanan, kuliner dll.)
  3. Staf Dinas Pariwisata yang bertugas di bagian pendataan 

Informasi lebih lanjut tentang kerjasama Sistem Informasi Manajemen Pariwisata dapat meghubungi kontak marketing dibawah ini :

Ian,              Telp/WA: 0811 1511 110   

Fendy,         Telp/WA: 0821 3011 7770              

Atau melalui email : marketing@technophoria.co.id untuk permintaan proposal penawaran dan link demo.

 

Tampilan Sistem Informasi Manajemen Pariwisata (SIMPARTA)

sistem informasi pariwisata e-tourism dan webgis pariwisataSistem Informasi Manajemen Pariwisata Terpadu Technophoria Indonesia

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

SIMPARTA (Sistem Informasi manajemen Pariwisata) dan WebGIS pariwisataWebGIS Pariwisata Technophoria Indonesia Yogyakarta

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Konsultan IT Yogyakarta Technophoria Indonesia

Bagikan: